WISUDA 100 PESERTA DIDIK, SMK NEGERI 1 SIJUK MILIKI 244 ALUMNI

Kamis (4/5) merupakan momen bersejarah bagi SMK Negeri 1 Sijuk. Pada hari itu SMK Pariwisata yang terletak di Desa Tanjung Binga itu Kembali melepas peserta didiknya. Sebanyak 100 peserta didik, terdiri dari 69 Peserta Didik Program Keahlian Perhotelan dan 31 Peserta Didik Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Wisuda dan Pelepasan Angkatan ke 2 ini berlangsung dalam suasana haru biru di Meeting Room Hotel Bahamas Tanjungpandan. Sebelumnya, pada Angkatan 1 tahun 2022, telah di wisuda dan dilepas sebanyak 144 peserta didik. Jadi sampai saat ini, diusia menginjak 4 tahun pada tanggal 16 Juli  sudah memiliki sebanyak 244 alumni.

Kegiatan wisuda dan pelepasan, selain dihadiri perserta didik, juga hadir orang tua pesrta didik, Kasi SMK mewakili Kacabdin Pendidikan Wilayah V, Pengawas Bina, Camat Sijuk, Kapolsek Sijuk, Kepala Puskesmas Tanjung Binga, Komite Sekolah, serta sahabat kami mitra IDUKA diantaranya dari Hotel Fairfield by Marriott, Swissbell Hotel dan Santika Premiere Beach Resort Belitung.

Mengambil tema, “Every End is Just a New Beginning”, acara WIsuda dan Pelepasan Peserta Didik SMK Negeri 1 Sijuk Angkatan II diawali Tarian Selamat Datang, dilanjutkan kesan pesan dari peserta didik yang disampaikan Wilastri. Penuh hari dan diwarnai isak tangis, Wilasri menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua dan seluruh guru atas bimbingan dan asuhan yang telah diberikan selama 3 tahun mereka menimba ilmu. “Saya mewakili seluruh teman-teman mengucapkan terima kasih kepada umak dan bapak, juga seluruh guru yang telah mengajar dan membimbing kami selama ini, mohon maaf atas tingkah laku kami yang kurang berkenan,” ujarnya dengan terbata bata menahan isak tangis.

Kepala SMK Negeri SIjuk, Bismi dalam sambutan wisuda dan pelepasan mengatakan, lulusan hendaknya mengimplementasikan hard skill dan soft skill yang telah mereka peroleh sesuai kompetensi keahlian yang dimiliki, sesuai dengan profil lulusan SMK yakni Bekerja, Berwirausaha dan Melanjutkan (BBM) ke jenjang pendidikan tinggi. Sesuai dengan tema kita hari ini yang kalau kita Indonesiakan, “Setiap Akhir adalah sebuah Permulaan”. Tema ini sejalan dengan konsep pendiidikan sepanjang hayat, di mana proses belajar itu berlangsung sepanjang hayat dan tidak pernah berhenti sampai hayat di kandung badan.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirohim, sebanyak 100 peserta didik kami wisuda dan kami kembalikan kepada orang tua. Selamat buat anak anakku yang di wisuda, selamat menggapai cita cita, kalian semua hebat dan insya Allah akan menjadi orang-orang hebat,” ujar Bismi.

Mengakhiri sambutan wisuda dan pelepasan, Bismi mengajak seluruh alumni untuk menjadi nama baik orang tua dan almamater SMK Negeri 1 Sijuk. “Jaga nama baik orang tua dan sekolah,” pesan Bismi. Selanjutnya acara ditutup dengan pembacaan pantun dan meneriakkan yel-yel sekolah.

Baju seragam SMK putih abu terlihat gagah

Pulang sekolah membawa ilmu

Takdir berpisah tak dapat dicegah

Selamat menggapai cita-cita peserta didik terbaikku.

SMK…Bisa, SMK…Hebat, SMK Negeri 1 Sijuk…Be Professional

 

Sumber: SMK Negeri 1 Sijuk
Penulis: Bismi
Dokumentasi : Eddie Cheppy Cheever
Editor: Joko Diarso

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *