”Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui penguatan bahasa, sastra dan budaya indonesia”

”Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui penguatan bahasa, sastra dan budaya indonesia”

Nama                           : Agni Srinovita Sari

Kelas                           : XI PH 2

Kategori lomba           : Juara 1 Putri

Judul   : “Semarak bulan bahasa bulan oktober bulannya bahasa dan sastra, meningkatkan rasa cinta dan bangsa berbahasa indonesia lewat karya-karya bahasa dan sastra”

Bulan oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa dan bangsa indonesia memperingatinya setiap tahun. Mengapa bulan oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa? Mengapa bukan bulan lainnya? Apa alasannya? Perlu diketahui alasan bulan oktober ditetapkan sebagi bulan bahasa merujuk pada sejarah bahasa indonesia.

Sebagai warga negara indonesia, siapa yang tidak tahu sumpah pemuda?  Sumpah yang diikrarkan oleh pemuda pemudi indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah indonesia, berbangsa satu, bangsa indonesia, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa indonesia. Bahkan dalam salh satu poin ikrar sumpah pemuda, bahasa merupakan unsur penting, seperti yang terdapat pada poin atau butir ketiga ikrar sumpah pemuda. Sejarah mencatat pada tanggal 28 oktober 1928, sumpah pemuda dikumandangkan dalam keputusan kongres emuda II di jakarta. Selanjutnya pada tanggal 28 oktober bangsa indonesia memperingatinya sebagai hari sumpah pemuda, sebab itulah ditetapkan pula bahasa resmi yang digunakan untuk masyarakat yaitu bahasa indonesia.

Demikian besarnya cita-cita akan adanya tanah air indoneia, bangsa indonesia dan bahasa indonesia inilah yang mendorong kemendikbud dan lembaga-lembaga lainnya sehingga menetapkan bulan oktober sebagai bulan bahsa karena bertepatan dengan bulan dimana sumpah pemuda diperingati, belakangan bulan oktober tidak hanya disebut sebagai bulan bahasa saja, tetapi juga bulan bahasa dan sastra. Hal ini seharusnnya dilakukan sejak lama, sebab meskipun dasar sastra adalah bahasa kompleksitasnya kadang melampaui bahasa.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan bulan bahasa adalah untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga berbangsa dan berbahasa indonesia. Kegiatan ini pula biasnya diperuntukkan bagi peserta didik, guna untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki, karena masah banyak oeserta didik yang masih merasa enggan karena alasan malu ataupun kurang percaya diri.

Bahasa mencerminkan bangsa, kenyataannya sekarang lunturnya rasa bangsa terhadap bahasa indonesia diwujudkan melalui tulisan. Percakapan yang semakin jauh dari kaidah-kaidah bahasa indonesia, kebanggaan terhadap kemapuan berbahasa asing melebihi bahasa nasional sendiri, secara tidak langsung bahasa lisan atau tulisan dapat mencerminkan kondisi bangsa saat ini.

Bulan bahasa disekolah sudah saatnya pemerintah lebih memperhatikan kegiatan bualn bahsa pada oktober mendatang. Perlu adanya semacam perubahan kurikulum ataupun aturan untuk memperketat kegiatan bulan bahasa. Sekolah dasar sampai sekoah perguruan tinggi dapat menjadi salah satu sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, hal itu pula adalah cara paling efektif untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga berbahasa indonesia, lewat karya-karya bahasa dan sastra indonesia.

Karena itu pula pada tanggal 04 november 2021 ini, sekolah pariwisata yaitu SMKN 1 Sijuk mengadakan kegiatan bulan bahasa dan sastra ini. Kegiatan ini diselenggarakan oleh OSIS SMKN 1 Sijuk. Kegiatan ini pula wajib untuk diikuti oleh seluruh peserta didik SMKN 1 Sijuk, guna untuk melatih kepercayaan diri, kreatifitas dan agar dapat menumbuhkan rasa sikap nasionalisme dan menumbuhkan rasa cinta dan bangga berbangsa dan berbahasa indoensia. Adapun kegiatan lomba ini berkaitan dengan kebahasaan yaitu storytelling, membuat artikel, cipta puisi, paduan suara, dan fashion show. Pada kegiatan bulan bahasa di SMKN 1 Sijuk ini, seluruh peserta didik wajib menggunakan pakain adat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.