Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata merupakan salah satu kompetemsi yang mempelajari kegiatan yang bersifat komersial yang mengatur, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama yaitu berwisata. Di jurusan ini, kamu akan terbiasa untuk membicarakan dan mendiskusikan berbagai topik seperti bagaimana mengatur segala pelayanan bagi para wisatawan mulai dari membuat (itinerary, tour guiding, ticketing, tour planning, tour leader, airlines & MICE) Dan juga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.
Tujuan Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap profesional.
PROSPEK KERJA
Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata
- Biro Perjalanan Wisata (Travel Agent), divisi ; Sales marketing, front desk agent, information center, accounting, cashier.
- Hotel, divisi ; Sales marketing, Front office attendant, e-commerce, Laundry, accounting, human resources.
- Kapal Pesiar (cruise ships)
- Area wisata (Tourism Area)
- Pusat informasi wisata (Tourism Information Center)
- Perusahaan Cargo
- Perusahaan Ekspedisi
- Pelabuhan laut, darat dan udara
- Perusahaan expor impor
- Dinas Pariwisata
- Konsultan Pariwisata
- Freelance Guide, tour guide, tour leader
- Event organizer, wedding organizer
- Polisi Pariwisata
- Industri makanan dan minuman
- Travel blogger
- Youtuber
- Pengusaha
- Restoran
- Bekerja di perusahaan MICE
Ketua Jurusan Usaha Layanan Pariwisata (ULP)
NAMA | PERIODE TUGAS |
1. DEBBY SHINTIA ERMASARI, SST.Par | 2022/2023 |