Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata merupakan salah satu kompetemsi yang mempelajari kegiatan yang bersifat komersial yang mengatur, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama yaitu berwisata. Di jurusan ini, kamu akan terbiasa untuk membicarakan dan mendiskusikan berbagai topik seperti bagaimana mengatur segala pelayanan bagi para wisatawan mulai dari membuat (itinerary, tour guiding, ticketing, tour planning, tour leader, airlines & MICE) Dan juga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Tujuan Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap profesional.

PROSPEK KERJA

Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata

  1. Biro Perjalanan Wisata (Travel Agent),  divisi ; Sales marketing, front desk agent, information center, accounting, cashier.
  2. Hotel, divisi ; Sales marketing, Front office attendant, e-commerce, Laundry, accounting, human resources.
  3. Kapal Pesiar (cruise ships)
  4. Area wisata (Tourism Area)
  5. Pusat informasi wisata (Tourism Information Center)
  6. Perusahaan Cargo
  7. Perusahaan Ekspedisi
  8. Pelabuhan laut, darat dan udara
  9. Perusahaan expor impor
  10. Dinas Pariwisata
  11. Konsultan Pariwisata
  12. Freelance Guide, tour guide, tour leader
  13. Event organizer, wedding organizer
  14. Polisi Pariwisata
  15. Industri makanan dan minuman
  16. Travel blogger
  17. Youtuber
  18. Pengusaha
  19. Restoran
  20. Bekerja di perusahaan MICE

Ketua Jurusan Usaha Layanan Pariwisata (ULP)

NAMA PERIODE TUGAS
1. DEBBY SHINTIA ERMASARI, SST.Par 2022/2023